10 Tempat Wisata Budaya Di Bali Yang Hits Dan Banyak Dikunjungi

 Wisata Budaya di Bali sangat banyak, jenis wisata ini mungkin bisa menjadi opsi anda yang ingin berwisata sambil menambah wawasan. Beberapa tempat wisata tersebut akan diuraikan dalam artikel ini dan bisa menjadi rekomendasi bagi anda untuk mengisi liburan atau akhir pekan.

Bali merupakan tempat wisata populer di Indonesia, disana banyak terdapat berbagai wisata, maka tak heran bila banyak wisatawan mancanegara berkunjung kesana. Jenis wisata Bali juga bermacam-macam, satu diantaranya adalah wisata budaya.

Tempat Wisata budaya di Bali

Berikut ini adalah rekomendasi wisata budaya di Bali yang menarik untuk dikunjungi:

1. Melihat Lebih Dekat Budaya Bali - Desa Penglipuran

Desa Penglipuran
Foto: beritalima.com
Wisata budaya di Bali yang pertama adalah Desa Penglipuran. Desa Penglipuran merupakan sebuah desa dimana rumah-rumah pendududknya tertata dengan rapi dan dikelola dengan baik. Sehigga tidak heran tempat tersebut sangan bersih dan asri. Saking bersihnya Desa Penglipuran dinobatkan sebagai salah satu Desa terbersih di dunia.

Di Desa Penglipuran kita bisa berfoto menikmati keindahan rumah-rumah tradisional khas pulau Dewata. Kemudian kita bisa menyapa penduduk dan bertanya mengenai kebudayaan Bali.

Alamat: Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

2. Menikmati Kemegahan Patung Dewa Wisnu Menunggangi Garuda - Taman Budaya GWK

Taman Budaya GWK
Foto: mytrip123.com
Taman Budaya GWK merupakan sebuah taman dimana terdapat bangunan megah berupa patung Dewa Wisnu sedang menunggangi Garuda. Patung tersebut diarsiteki oleh salah satu pematung modern di Indonesia yang bernama I Nyoman Nuarta. Setiap hari GWK ramai dikunjungi oleh wsatawan lokal maupun mancanegara.

Di Taman Budaya GWK selain kita bisa melihat patung, juga bisa menyaksikan beberapa kesenian Bali yang dipentaskan seperti tari Bali, pementasan tari Barong, Rangda, maupun tari-tari lainnya yang pastinya memikat hati.

Alamat: Ungasan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

3. Mengunjungi Keagungan Pura terbesar di Bali - Pura Besakih

Pura Besakih
Foto: balitribune.co.id
Pura Besakih adalah pura  terbesar di Provinsi Bali bahkan di Indonesia. Pura ini menjadi pusat kegiatan keagamaan Hindu di Bali sehingga di banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang berkunjung untuk melihat upacara-upacara keagamaan maupun menikmati bangunan pura yang megah dengan arsitektur jaman dahulu.

Sekedar informasi bagi anda yang sedang berkunjung ke pura Besakih jangan lupa untuk membawa alat untuk mengabadikan momen seperti kamera, kemudian wanita haid dilarang masuk, untuk masuk pura ini kita wajib mengenakan sarung khas Bali.

Alamat: Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

4. Menikmati Arsitektur Khas Bekas Kerajaan Klungkung - Taman Kertha Gosa

Taman Kertha Gosa
Foto: kintamani.id
Taman Kertha Gosa adalah satu taman di Bali tepatnya di Kabupaten Klungkung. Taman Kertha Gosa dahulu adalah bagian kompleks bangunan kerajaan Klungkung yang digunakan untuk musyawarah Raja dan petinggi kerajaan membahas pemerintahan.

Di taman Kertha Gosa kita bisa melihat bangunan-bangunan dengan arsitektur Bali pada jaman kerajaan. Di dekat tempat ini juga terdapat museum dimana kita bisa mempelajari benda-benda bersejarah yang pastinya menambah wawasan kita.

Alamat: Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

5. Menyaksikan Pementasan Tarian Barong - Desa Batubulan

Desa Batubulan
Foto: luwihbali.com
Bila anda pergi ke Bali dan ingin menyaksikan pementasan tari barong maka anda bisa mengunjungi Desa Batubulan. Tidak hanya Barong, tari Legong dan Kecak dipentaskan juga di tempat ini setiap hari dengan jadwal yang telah ditentukan.

Di Desa Batubulan juga terkenal dengan ukiran dan patungnya sehingga anda bisa melihat karya seni yang indah di tempat ini.

Alamat: Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

6. Menikmati Suasana Bali Yang Tentram - Desa Tenganan

Desa Tenganan
Foto: kemdikbud.go.id
Desa Tenganan merupakan salah satu desa wisata di Bali yang akan mengingkatkan suasana Bali jaman dahulu. Tempat ini masih asri dengan rumah penduduknya yang masih terawat dengan baik. Selain itu tempatnya juga bersih sehingga membuat pengunjung nyaman dan betah mampir di tempat ini.

Desa tenganan menjadi salah satu rute bersepeda favorit sehingga disini banyak wisatawan mancanegara yang menikmati momen dengan mengayuh sepeda. Bila anda menginginkan ketengan maka anda bisa berkunjung di Desa Tenganan.

Alamat: Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

7. Menikmati Segarnya Air Yang Jernih - Taman Wisata Tirta Gangga

Taman Wisata Tirta Gangga
Foto: inews.id
Tirta Gangga merupakan salah satu taman air di Bali, tepatnya berada di daerah Karangasem. Tempat wisata tersebut dulunya merupakan taman air milik kerajaan Karangasem. Sumber air taman ini berasal dari mata air sehingga tidak mengherankan bila memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan.

Di Tirta gangga kita juga bisa berenang sehingga jangan lupa untuk membawa pakaian ganti. Namun bila anda tidak ingin berenang bisa juga dengan sekedar membasuh muka atau mengabadikan keindahan panorama alam di sekitar taman dengan menggunakan kamera.

Alamat: Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

8. Mempelajari Lebih Dalam Tentang Sejarah dan Budaya Bali - Bajra Sandhi

Bajra Sandhi
Foto: idetrips.com
Bajra Sandhi merupakan salah satu monumen di Bali. Monumen ini berdiri di kawasan kantor Gubernur Bali, sehingga tidak heran disini banyak perkantoran pemerintah. Bajra Sandhi terkenal karena arsitektur bangunannya yang sangat megah, unik, dan penuh filosofi.

Tidak hanya sebuah monumen, Bajra sandhi juga merupakan museum dimana kita bisa mempelajari sejarah peninggalan dan budaya Bali dari awal hingga perjuangan kemerdekaan Indonesia. Disekitar monumen ini sangat ramai dikunjungi selain berwisata juga banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga.

Alamat: Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali

9. Melihat Berbagai Koleksi Benda Bersejarah - Museum Bali

Museum bali
Foto: viator.com
Salah satu tempat wisata untuk belajar tentang budaya Bali adalah museum Bali. Museum yang berada di Denpasar ini menyimpang berbagai benda yang berkaitan dengan peradaban masyarakat Bali seperti perkembangan budaya, peralatan upacara keagamaan dan benda bersejarah lainnya. 

Tahukah anda di museum ini juga banyak pasangan yang datang untuk melakukan foto prewedding dikarenakan tempat tempat ini memiliki latar yang bagus. Jadi jangan lupa membawa kamera untuk berfoto di tempat ini.

Alamat: Dangin Puri, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali

10. Berbelanja Pernak-Pernik Khas Bali - Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati
Foto: jejakpiknik.com


Pergi ke Bali tidak lengkap rasanya bila tidak membaca oleh-oleh ataupun cindera mata. Salah satu tempat yang biasa anda kunjungi adalah pasar seni Sukawati. Tempat ini merupakan salah satu pasar seni di Bali yang sangat populer. 

Disini kita bisa menemukan berbagai pakaian batik dengan corak budaya Bali, kemudian produk kerajinan lainnya yang terjangkau, bahkan murah jika kita pintar menawar.

Alamat: Sukawati, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Infografik wisata budaya di Bali

Itu tadi wisata budaya di Bali, salah satu destinasi banyak turis baik lokal maupun mancaneraga. Tentunya masih banyak wisata Bali lainnya yang layak untuk dikunjungi yang mana tidak kalah indah. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa untuk membagikannya pada orang lain untuk menjangkau lebih banyak pembaca yang membutuhkan informasi seperti ini. 

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata Budaya Di Bali Yang Hits Dan Banyak Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel