15 Tempat Wisata Di Toraja Yang Terbaru dan Banyak Dikunjungi

Toraja merupakan sebuah wilayah yang ada di provinis Sulawesi Selatan yang keindahan dan eksotismenya telah terkenal hingga mancanegara. Tidak mengherankan jika kemudian wilayah ini sering menjadi tujuan wisata di akhir pekan atau libur panjang. Banyak sekali destinasi wisata Toraja yang menawarkan pesona keindahan alam hingga budaya yang sangat kental untuk dipelajari lebih mendalam.

Toraja sendiri merupakan dua Kabupaten yakni Tana Toraja dengan ibu kotanya yakni Makale, dan juga Kabupaten Toraja utara dengan ibu kotanya yakni Rantepao. Masing-masing kabupaten tersebut memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Perjalanan menuju wilayah Tana Toraja ini memerlukan setidaknya 8-9 jam dari Kota Makassar yang ditempuh dengan bus ataupun mobil pribadi. Sedangkan untuk jalur udara memakan waktu 45 menit dengan tiket yang sangat mahal. Namun demikian, hal ini tidak menyurutkan wisatawan yang sangat ingin mengeksplorasi keindahan wisata Toraja tersebut.

Daftar rekomendasi tempat wisata Toraja terbaru

Bagi Kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Tana Toraja, disebutkan bahwa wilayah ini menawarkan banyak sekali eksotisme pemandangan alam dan budaya yang begitu mengaggumkan. Untuk Kamu yang pertama kali melakukan perjalanan wisata Toraja, Kamu bisa singgah di beberapa lokasi wisata berikut ini.

1. Makale

Makale
Foto: dwinata.com
Makale adalah ibu kota dari Kabupaten Tana Toraja. Kota Makale sangat indah dengan tata kotanya yang sangat indah. Ditengahnya terdapat seperti danau dengan patung di tengah yang menambah keindahan. Di tempat ini kita bisa menikmati suasana keramaian sambil berfoto maupun membeli oleh-oleh khas Toraja yang sangat menarik.

2. Rantepao

Rantepao
Foto: kabarjakarta.com
Rantepao adalah ibu kota dan pusat pemerintahan dari Kabupaten Toraja utara. Di tempat ini suasananya cukup ramai dengan banyak pedagang yang menjual makanan ataupun pernak-pernik khas Toraja. Banyak wisatawan mampir ke tempat ini untuk berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jadi bila anda ke Toraja Utara jangan lupa untuk mampir ke tempat ini.

3. Kete kesu

Kete kesu
Foto: desainermales.com
Untuk kawasan wisata Toraja yang sarat akan nilai keindahannya bisa Kamu saksikan di Kete Kesu. Berlokasi di Kabupaten Toraja Utara, desa ini memiliki daya tarik atas hijaunya persawahan dan pemandangan alam yang eksotis. Di lokasi ini juga menjadi tempat penyimpanan berbagai barang purbakala sekaligus jenazah yang belum dikuburkan. Sangat cocok untuk Kamu yang penasaran dengan adat, budaya masyarakat Toraja.

4. Londa

Londa
Foto: goodnewsfromindonesia.id
Masih berkaitan dengan wisata mistis yang ada di Tana Toraja. Untuk Kamu yang tertarik dengan destinasi wisata Toraja lainnya, Kamu bisa pergi ke Londa yang ada di tebing batu. Berada di 7km sebelah selatan Kota Rantepao, Londa menawarkan udara yang lebih sejuk dengan perpaduan nuansa yang mistis. Di sini, Kamu bakalan menyaksikan peti mati dan patung kayu yang menjadi symbol atas orang yang meninggal. 

5. Batutumonga

arsy.co.id
Foto: arsy.co.id
Batutumonga menjadi destinasi wisata Toraja yang menawarkan pemandangan Gunung Sesean. Berjarak 24 km dari wilayah Kota Rantepao, tempat wisata ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin menikmati indahnya pemandangan Tana Toraja dari ketinggian tertentu. Tidak mengherankan jika ini dikenal dengan negeri di atas awan. Keindahan sawah, pedesaan dan hamparan kabut tipis menjadi daya tarik tersendiri.

6. Bori Parinding

Bori Parinding
Foto: kemdikbud.go.id
Budaya Tana Toraja memang sangat erat dengan Bori Parinding yaitu makan batu kuno yang ada di lereng Gunung Sasean. Untuk menikmati wisata Toraja ini, Kamu bisa pergi ke Kecamatan Sesean serta Lo’ko Mata yang ada di Kecamatan Sesean Suloara. Di bangun sejak 1717, Bori Parinding merupakan pemakaman kuno bagi masyarakat keturunan Ramba.

7. Ranteallo

Foto: Travelingyuk.com
Untuk selanjutnya, Kamu bisa berkunjung ke destinasi wisata Toraja yang dikenal dengan Ranteallo. Sebuah peternakan kerbau belang atau Kerbau Tedong Saleko bernilai 1 miliar ini menjadi daya tarik wisatawan. Berada di Ranteallo, wisata ini juga menawarkan pemandangan peternakan babi di setiap area pemukiman warga. Hal menarik dari kerbau ini adalah matanya yang berwarna coklat atau hitam dengan tanduk kuning keemasan.

8. Museum Ne’ Gandeng

Museum Ne’ Gandeng
Foto: jejakpiknik.com
Berada di Desa Palangi, Kecamatan Sa’dan, Balusu, Toraja, wisata Toraja selanjutnya adalah wisata Toraja Museum Ne’Gandeng. Museum ini dimiliki oleh Yayasan Keluarga Ne’Gandeng yang menjadi tetua dari Tana Toraja dan meninggal pada 3 Agustus 1994 silam. Konon, semasa hidupnya Ne’Gandeng sangat peduli dengan masyarakat sekitar dan memperjuangkan masuknya listrik ke desa dengan menjual kerbau. Museum ini dibangun sebagai bentuk penghormatan bagi leluhur.

9. Pallawa

Pallawa
Foto: indonesiakaya.com
Setelah berkunjung ke Museum Na’Gandeng, Kamu bisa singgah ke Pallawa. Di sini, wisata Toraja ini, Kamu bisa menyaksikan Tongkonan yang menjadi tempat untuk menyimpan mayat masyarakat Toraja sebelum dimakamkan. Tebuat dari bambu dan tersusun layaknya kapal, rumah adat ini sangat fenomenal dan juga memiliki bagian-bagian layaknya rumah pada umumnya dengan satu bagian digunakan untuk menyimpan mayat.

10. Air terjun sarambu assing

Foto: akbarpost.com
Lelah menikmati nuansa mistis wisata Toraja, kali ini Kamu diajak menikmati indahnya pemandangan alam di Air Terjun Sarambu Assing. Di sini, wisatawan bisa menikmati segarnya air yang jatuh dari ketinggian 40meter. Untuk akses menuju lokasi ini terbilang sangat mudah karena bisa dijangkau dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sekalipun belum dikenal luas, namun daya tarik wisata ini patut untuk dinikmati. 

11. Air Terjun Kalean

Air terjun Kalean
Foto: trevelingyuk.com
Berlokasi di Desa Kalean, Kecamatan Mengkendek, Toraja, terdapat destinasi wisata Toraja yang sangat menarik. Dikenal dengan sebutan air terjun Kalean, wisata ini menawarkan pesona air terjun 7 tingkatan dengan udara yang sangat sejuk. Di setiap kunjungannya, wisatawan bisa menikmati aktivitas berenang di aliran air terjun tersebut sembari menikmati pemandangan hijau di sekitarnya. Di akhir pekan dan libur panjang, wisata ini sangatlah ramai.

12. Wisata Ollon

Wisata Ollon
Foto: idntimes.com
Berada di Bau, Bonggakaradeng, wisata Toraja yang dikenal dengan wisata Ollon ini menawarkan pemandangan bukit hijau yang sangat luas. Wisatawan yang berkunjung ke sini bisa menghabiskan waktu dengan berkemah sembari menikmati indahnya pemandangan alam. Selain itu, lokasi ini juga digunakan spot untuk foto pre-wedding yang akan menghasilkan jepretan kamera yang fantastis.

13. Marante Tondon

Marante Tondon
Foto: jotravelguide.com
Untuk Kamu yang menggilai wisata sejarah selama berkunjung ke berbagai tempat wisata Toraja, Kamu bisa singgah di Marante Tondon yang menjadi tempat penyimpanan benda sejarah. Lokasinya berada di Kalan Poros Makasar, Palopo. Keberadaan lokasi wisata ini tidak lain karena masyarakat Toraja sangat getol dengan keyakinannya untuk selalu melestarikan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang. 

14. Makam Suaya

Foto: hipwee.com
Makam Suaya merupakan salah satu kompleks pemakaman terkenal yang ada di Toraja. Tempat ini dulunya adalah makam dari raja-raja yang ada di Toraja. Sehingga bila anda pergi ke Toraja bisa mampir ke tempat keren satu ini. Yang membuat indah tentunya karena lokasi makamnya yang berada di tebing yang cukup tinggi.

15. Kuburan Bayi Kambira

Makam bayi kambira
Foto: idntimes.com
Kubur bayi kambira adalah kuburan yang sangat unik di Toraja. Dari namanya saja sudah jelas bahwa kuburan ini diperuntukkan untuk bayi pada masa dahulu kala. Yang membuat unik adalah kuburannya tidak berada di tanah maupun tebing tetapi pohon khusus yang dilubangi. Selanjutnya bayi yang sudah meninggal dimasukkan kedalamnya dan akhirnya seiring waktu, pohonnya menutup. Bekas kuburannya masih bisa kita lihat sampai sekarang.

Jadi, buat Kamu yang merencanakan liburan akhir pekan atau libur panjang dengan aktivitas seru yang sarat akan nilai mistis dan budaya, Kamu bisa berkunjung ke wisata Toraja. Di sini, Kamu bakalan diajak untuk mendalami berbagai budaya yang menjadi identitas dari masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, Kamu juga berkesempatan untuk menikmati indahnya alam Tana Toraja yang sangat eksotis. Jadi, tunggu apa lagi? Segera nikmati keseruan yang ada di Sulawesi Selatan sekarang juga!

Belum ada Komentar untuk "15 Tempat Wisata Di Toraja Yang Terbaru dan Banyak Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel